Cari Di Sini

Minggu, 11 Oktober 2015

Belajar 009 | Simbologi

Simbologi mewakilkan ekspresi permukaan bumi yang bertujuan merepresentasikan informasi ke dalam titik, garis, atau poligon dengan bantuan pewarnaan, bentuk simbol, arsiran, dan beberapa cara representasi lain. Ini merupakan definisi operasional kartografis mapvertex, tentunya dalam sudut pandang akademik, kartografis akan lebih formal kalimatnya. Intinya secara praktis akan seperti itu.

Bagaimana mengakses simbologi di Arcmap?
anda sudah mengetahui adanya Table Of Content, TOC yang biasanya terletak disebelah kiri jendela Arcmap. Didalam TOC ini terdapat layer yang sudah anda panggil ke arcmap dengan Add Data.
Untuk mengakses jendela simbologi, arahkan kursor ke suatu layer, sorot/highlight layer tersebut, kemudian klik kanan, pilih properties. Jendela properties akan muncul seperti berikut :
Klik pada Tab Symbology
 Oke anda sudah mengetahui dimana lokasi tool tab simbologi, selanjutnya anda akan belajar bagaimana menlakukan simbologi berdasarkan kriteria kategori yang didefinisikan oleh kolom.

Langkah-langkah :
  1. Persiapkan dulu data yang telah anda olah data atributnya pada latihan sebelumnya. Tampilkan di Armap data tersebut.
  2. Lakukan langkah seperti pada bab awal dari artikel diatas.
  3. Klik pada Categories.
  4. Klik pada Unique Values.
  5. Klik pada Value Field, pilih kolom yang akan digunakan sebagai bahan simbologi dengan klik segitiga.
  6. Klik All Add Value, untuk menampilkan semua simbol berdasar kolom terpilih.
  7. Anda bisa custom warna, simbol, dengan klik pada gambar simbolisasi yang muncul dari masing-masing simbol secara individual.
  8. Klik Apply dan Ok, atau langsung Ok saja untuk menerapkan di map display.
  9. Lihat di Display View hasil perubahan simbologi anda.
  10. Anda bisa mencoba untuk Quantities, Chart, dan Multiple Atribut, untuk peserta konsultasi online, anda bisa diskusikan dan arahan dari instruktur mapvertex untuk penerapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar